Senin, 05 Juni 2023

Komandan Lantamal XIV Sorong Hadiri Festival Egek

TAMNE YISAN TEEMSI WELUT



Komandan Lantamal XIV Sorong Laksamana Pertama Deny Prasetyo hadiri Festival Egek bertempat di Lapangan Bola Molgasij Kampung Malaumkarta Sautolo, Distrik Makbon, Kab. Sorong, Prov. Papua Barat Daya  Senin, (05/06/2023) 

Egek merupakan Festival masyarakat Suku Moi yang pertama kali digelar pada tahun ini, Egek sama dengan istilah "sasi", konsep dasar Egek disuku Moi adalah mengatur jarak panen dengan batas waktu tertentu. Kegiatan diikuti oleh KS Armada III Laksama TNI Rudy Aviantara, IH., S.E., M.Si., M.Tr(Han), Danpasmar-3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto., S.Sos., PJ Bupati Sorong Bapak Yan Piet Moso dan forkopimda lainnya. 

Festival Egek bertujuan untuk pembelajaran terhadap lingkungan, edukasi pengembangan sains Tradisional suku Moi (Papua), mempromosikan konsep dan praktek baik masyarakat adat, terutama konsep tata ruang dan pembagian zona, mengeksplorasi budaya dan pengetahuan tradisional dan sebagainya. Adapun kegiatan festival Egek ini dimulai dari pembukaan dilanjutkan dengan pertunjukan adat Suku Moi, pelepasan tukik ke laut, penanaman pohon dan terakhir kunjungan ke stand yang ada dalam festival.
 


Pgs kadispen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wujud Tegakkan Hukum Di Laut, Lantamal XIV Gagalkan Penyeludupan Kendaraan Ilegal Di Provinsi Papua Barat

TNI AL, Sorong - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lanal) Fak-fak telah menggagalkan percobaan penyelundupan kendaraan bermotor ilegal di P...